• MATERI DASAR KOMPUTER

    Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

    MATERI DASAR KOMPUTER

    A.  Operasi Dasar Komputer Dasar Komputer

    1.   Bagian dari tampilan desktop
             a.    Ikon
    Ikon adalah gambar kecil atau simbol yang berupa program aplikasi, file, folder atau bagian tertentu dari komputer.
    b.    Start Menu       
    Start menu disebut juga tombol start. Tombol ini digunakan untuk membuka program aplikasi, mematikan komputer, dan beberapa keperluan lainnya.
    c.      Quick Launch
    Quick Launch berisi ikon program aplikasi.
    d.    Taskbar
    Taskbar biasanya terdapat di bagian bawah tampilan sistem operasi. Taskbar memuat program aplikasi yang sedang dijalankan. Selain itu, ada pula ikon program dan tanda waktu.
    e.     Wallpaper
    Wallpaper memuat gambar latar belakang tampilan desktop.

    2.     Berlatih Menggunakan Mouse
    Mouse termasuk alat input atau masukan.  Posisi tangan dan jari yang benar adalah seperti gambar disamping.
    a. Mengenal Bagian-Bagian Mouse
    Mouse memiliki beberapa tombol. Tombol tersebut adalah tombol kiri, tombol kanan dan scroller (yang berada ditengan dan berfungsi untuk menggeser layar)

     
     


    b.    Melakukan Klik Kiri
    Klik kiri artinya menekan tombol kiri mouse untuk keperluan tertentu. Penggunaannya misalnya untuk membuka program aplikasi, menutup program aplikasi, mengecilkan tampilan program aplikasi, menutup program aplikasi, mengecilkan tampilan program aplikasi, hingga menggunakan fasilitas dalam program aplikasi.
    c.      Melakukan Klik Kanan
    Klik kanan berarti melakukan klik pada tombol kanan. Misalnya klik kanan digunakan untuk menempilkan beberapa menu menggantung, yang dapat dipilih.
    d.    Melakukan Klik Ganda (Double Click)
    Melakukan klik ganda berarti melakukan dua kali klik pada tombol kiri pada mouse. Saat melakukan klik ganda harus dilakukan dengan cepat. Misalnya untuk membuka ikon sebuah aplikasi, membuka aplikasi.
    e.     Melakukan Drag and Drop (Mendrag/ Drag)
    Drag and Drop adalah melakukan klik tombol kiri dan ditahan sebentar yang disertai dengan menggerakkan/ menggeser mouse dan kemudian dilepaskan. Penggunaannya misalnya untuk memindah ikon, folder, file, gambar atau objek dan untuk memilih teks (memblok teks).
    3.     Berlatih Menggunakan Keyboard


     

    Selain mouse, alat masukan yang lain adalah keyboard. Alat ini dapat digunakan untuk mengetik teks dan memerintah komputer.
    Secara umum, struktur tombol pada keyboard terbagi atas 4, yaitu:
    a.   Tombol Ketik (typing keys)
    Tombol ketik adalah salah satu bagian dari keyboard yang berisi huruf dan angka serta tanda baca. Secara umum, ada 2 jenis susunan huruf pada keyboard, yaitu tipe QWERTY dan DVORAK. Namun, yang terbanyak digunakan sampai saat ini adalah susunan QWERTY.
    b.    Numeric Keypad
    Numeric keypad merupakan bagian khusus dari keyboard yang berisi angka dan sangat berfungsi untuk memasukkan data berupa angka dan operasi perhitungan. Struktur angkanya disusun menyerupai kalkulator dan alat hitung lainnya.

    c.   Tombol Fungsi (Function Keys)
    Tahun 1986, IBM menambahkan beberapa tombol fungsi pada keyboard standard. Tombol ini dapat dipergunakan sebagai perintah khusus yang disertakan pada sistem operasi maupun aplikasi.
    d.   Tombol kontrol (Control keys)
    Tombol ini menyediakan kontrol terhadap kursor dan layar. Tombol yang termasuk dalam kategori ini adalah 4 tombol bersimbol panah di antara tombol ketik dan numeric keypad, home, end, insert, delete, page up, page down, control (ctrl), alternate (alt) dan escape (esc).

    Fungsi dari setiap tombol keyboard yang ada, diantaranya :
    1. Tombol ALT berfungsi bila penggunaannya dipasangkan dengan tombol lainnya seperti F4 misalnya yang berguna untuk ShutDown atau menutup Windows Program yang sedang aktif.
    2. Tombol CTRL akan berfungsi bila penggunaannya dipasangkan dengan tombol lainnya seperti tombol C atau disebut juga CTRL-C akan berguna untuk menyalin saatu objek yang ditunjuk ke dalam clipboard, yang nantinya dapat disalinkan pada area kerja yang ditentukan dengan menggunakan CTRL-V.
    3. Tombol F1 – F12 adalah tombol fungsi yang pemanfaatannya disesuaikan dengan sistem operasi atau aplikasi. Misal, F1 biasanya digunakan untuk menampilkan menu Help yang akan memberikan penjelasan mengenai aplikasi yang sedang berjalan
    4. Tombol ESC (Escape) adalah tombol yang kegunaanya sama dengan pilihan CANCEL, yaitu untuk membatalkan satu tahap pekerjaan.
    5. Tombol Enter adalah tombol yang kegunaanya sama dengan pilihan tombol OK, yaitu untuk menyatakan bahwa operasi yang dilakukan betul dan selesai. Enter juga dapat berarti menyisipkan baris kosong atau baris baru pada proses pemasukan text.
    6. Pada Window dialog, menekan tombol TAB berarti pindah ke field atau daerah isian atau pilihan berikutnya. Pada saat proses pengetikan, TAB berarti lompat ke penghentian TAB (tab-stop) terdekat.
    7. Tombol Arah berfungsi menggerakan penunjuk karakter (kursor) sesuai arah anak panah bersangkutan.
    8. Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol Backspace akan mengakibatkan karakter (huruf) disebelah kiri kursor terhapus.
    9. Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol Delete akan mengakibatkan karakter(huruf) disebelah kanan atau ditempat dimana kursor berada akan terhapus.
    10. Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol Home akan mengakibatkan kursor berpindah ke awal baris dimana kursor berada.
    11. Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol End akan mengakibatkan kursor berpindah ke akhir baris dimana kursor berada.
    12. Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol Page Up akan mengakibatkan kursor berpindah ke atas sejauh satu layar dari kursor berada.
    13. Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol Page Down akan mengakibatkan kursor berpindah ke bawah sejauh satu layar dari kursor berada.
    4.     Menghidupkan Komputer
    a.  Menghubungkan Komputer dengan Listrik
    1. Menghidupkan Stavolt/ Stabilizer
    2. Menyalakan Tombol Power pada CPU / Laptop dan Monitor
    3. Tunggu Sampai Proses Booting Selesei
    5.    Mematikan Komputer
    a.      Pastikan semua Program sudah disimpan dan di tutup
    b.      Tekan tombol Start – Shutdown/ Turn Off
    c.       Matikan Monitor dan Stavolt
    6.     Manajemen File
    Manajemen file merupakan proses aplikasi pilihan antara lain membuat subfolder, copy file, memindah file, menampilkan data yang telah terhapus. Manajemen file juga diartikan sebagai pengorganisasian file data dan file program.
    Dalam  sistem Windows media simpan data hardisk mempunyai beberapa folder yaitu sebagai berikut.
    1.    Folder My Computer: berisi informasi alamat drive dan folder panel control, setting printer.
    2.    Folder My Document: berisi informasi nama file data.
    3.    Folder Reycycle bin: berisi informasi file yang telah dibuang/ dihapus.
    4.   Folder Network, diperlukan bila komputer terhubung dengan internet atau local area network.
    a.      Membuka Windows Explorer
    Cara membuka windows explorer ada beberapa cara
    1)        Cara pertama; Klik kanan tombol start – pilih explorer atau Open explorer
    2)        Cara kedua; double klik folder my computer
    3)        Cara ketiga; Tekan secara bersamaan tombol windows dan huruf E
    b.     Membuat Folder dan Sub Folder
    Kita dapat membuat folder dan sub folder maupun file yang ditempatkan pada windows explorer. Contoh susunan folder dan sub folder dapat dijelaskan dalam bentuk diagram seperti di bawah ini
                                                                                                                            
              

    Untuk membuat folder atau sub folder pada windows 7 maupun windows vista adalah sebagai berikut;
    1)      Buka windows explorer
    2)      Tentukan drive yang akan digunakan
    3)      Membuka folder baru dapat digunakan beberapa cara, yaitu: untuk windows 7; klik menu new folder, untuk windows Vista; klik menu organize – New Folder dan cara kedua yaitu dengan klik kanan ditempat yang kosong pilih New –Folder.
    c.       Mengganti nama File atau Folder
    Folder yang kita buka biasanya nama foldernya adalah new folder atau bisa langsung kita ubah. Mengubah folder atau file yaitu dengan cara klik kanan file atau folder yang akan diganti nama file atau foldernya, kemudian pilih Rename, hapus dan ganti nama file atau folder tersebut.
    d.     Memindah File atau Folder
    Ada dua cara untuk memindah file atau Folder, yaitu dengan cara pertama yaitu dengan cara mendrag file atau folder tersebut dan dipindahkan ke drive atau folder yang kita inginkan. Adapun cara kedua dengan cara mengklik kanan- pilih cut (Ctrl X), kemudian tampilkan atau pindah ke drive atau folder yang kita inginkan dengan menekan klik kanan paste (Ctrl V).
    e.      Menghapus File atau Folder
    Klik kanan file atau folder yang kita hapus –pilih delete, maka file akan masuk ke Folder Recycle bin secara otomatis. Recycle bin berfungsi untuk menyimpan data-data atau file yang sudah tidak kita inginkan atau dibuang. Kita dapat melihat file yang kita hapus dalam folder dalam folder Recycle bin, jika suatu waktu kita perlukan kembali. File-file dalam Recycle bin bisa kita munculkan kembali atau kita hapus. Untuk memunculkan kembali klik kanan file atau folder yang ingin kita munculkan kembali kemudian pilih restore. Adapun untuk menghapus selamanya, kita klik kanan folder atau file, pilih delete.
    B.         Microsoft Word 2007
    1.   Memulai Microsoft Word 2007
    Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengaktifkan program aplikasi Microsoft Word, antara lain sebagai berikut.
    1.      Melalui double klik shorcut Microsoft Word di desktop. 
    2.      Melalui menu Stat
    3.      Melalui file yang terdapat di Microsoft Word.
    Jika ingin membuka Microsoft Word dengan cara pertama, maka pada desktop harus sudah ada shorcut-nya terlebih dahulu. Seandainya shorcut belum terpasang di desktop, shorcut  dapat dimunculkan dengan langkah berikut.
    1. Klik kanan pada desktop.
    2. Pilih menu New, kemudian klik Microsoft Word
    Jika ingin membuka Microsoft Word 2007 dengan cara kedua, langkah yang digunakan adalah sebagai berikut.
    1. Klik menu Start, kemudian arahkan pada pilihan All Programs.
    2. Klik Microsoft Office, kemudian klik Microsoft Office Word 2007.
    Jika ingin membuka Microsoft Word 2007 dengan cara ketiga, maka dalam windows explorer harus sudah ada file Word yang sudah dibuat. Misalnya file Wordl adalah sebagai berikut.
    1. Klik menu start > Pilih Program > Klik windows Explorer.
    2. Klik Folder My Document.
    3. Klik dua kali pada file Word yang dibuka.
      
    2. Elemen-Elemen Dasar Jendela Kerja Microsoft Word


    1. Tombol Office (Office Button) 
    Tombol office pada Microsoft Word 2007 merupakan pengganti menu File yang kita jumpai pada Microsoft Word versi sebelumnya. Tombol office berisi perintah-perintah standar untuk mengoperasikan file dokumen, seperti membuka, menyimpan, menutup, mencetak dokumen.
    1. Quick Access Toolbar (Bar Tool Akses Cepat)
    Tombol-tombol dalam toolbar ini memiliki keistimewaan khusus, yang terletak di bagian sudut kiri atas lembar kerja. Tombol-tombol perintah Quick Access Toolbar dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan, terutama beberapa tombol perintah yang sering digunakan.
    1. Baris Judul/ Bar Judul (Title Bar)
    Baris judul atau title bar merupakan bar yang menampilkan nama dokumen yang aktif atau yang sedang dikerjakan. Gambar nama dokumen di bar ini dapat digunakan untuk mengontrol dokumen yang sedang diaktifkan apabila pengguna membuka beberapa dokumen sekaligus. Dokumen yang aktif selalu ditampilkan dengan warna menyala (tergantung warna Gambar monitor/ color monitor) dan wallpaper yang dimiliki.
    1. Baris Tab (Tabs)
    Tab merupakan bagian yang berbentuk tabulasi dan berisi sederetan tombol-tombol perintah untuk mengoperasikan Microsoft Word.
    1. Group
    Group terletak di bawah tab dan berisi sederetan tombol-tombol perintah dalam Microsoft Word untuk menjalankan suatu proses tertentu dengan cara mengklik tombol-tombol perintah tersebut.
    1. Tombol Dialog (Dialog Box Launcher)
    Tombol dengan simbol anak panah yang terletak di bagian kanan nama group. Tombol ini berfungsi untuk membuka kotak dialog dengan perintah-perintah yang lebih lengkap dan kompleks

    1. Baris Status (Status Bar)
    Baris status berfungsi untuk memberikan informasi status posisi insertion poin (cursor) layar sesuai dengan posisi halaman dan jumlah halaman maksimal, hingga jumlah kata yang sudah digunakan dalam dokumen yang aktif.
    1. Garis Mistar
    Garis mistar digunakan untuk mengukur atau mengatur letak margin kiri, kanan, atas, bawah, serta identasi suatu naskah dokumen dengan ukuran skala centimeter (cm) atau inci (inch).
    1. Scrool Bar
    Scrool bar ditandai dengan bentuk yang dapat digulung secara vertikal (scroll bar vertical) dan horizontal (scroll bar horizontal). Jadi, scroll bar ini berfungsi untuk menggulung lembar kerja ke atas dan kebawah (scrool bar vertikal) dan kekiri dan ke kanan (scrool bar horizontal) dengan cepat.
    1. Tombol Pengatur Gambar Lembar Kerja (Bar Tool Gambar Layar)
    2. Zoom Level
    C.         Microsoft Excel 2007
    1.   Memulai Microsoft Excel 2007
    Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengaktifkan program aplikasi Microsoft Excel, antara lain sebagai berikut.
    1          Melalui double klik shorcut Microsoft Excel di desktop. 
    2          Melalui menu Start
    3          Melalui file yang terdapat di Microsoft Excel.
    Jika ingin membuka Microsoft Excel dengan cara pertama, maka pada desktop harus sudah ada shorcut-nya terlebih dahulu. Seandainya shorcut belum terpasang di desktop, shorcut  dapat dimunculkan dengan langkah berikut.
    1. Klik kanan pada desktop.
    2. Pilih menu New, kemudian klik Microsoft Excel worksheet.
    Jika ingin membuka Microsoft Excel 2007 dengan cara kedua, langkah yang digunakan adalah sebagai berikut.
    1. Klik menu Start, kemudian arahkan pada pilihan All Programs.
    2. Klik Microsoft Office, kemudian klik Microsoft Office Excel 2007.
    Jika ingin membuka Microsoft Excel 2007 dengan cara ketiga, maka dalam windows explorer harus sudah ada file Excel yang sudah dibuat. Misalnya file Excel adalah sebagai berikut.
    1. Klik menu start > Pilih Program > Klik windows Explorer.
    2. Klik Folder My Document.
    3. Klik dua kali pada file Excel yang dibuka.
    2.   Elemen-Elemen Dasar Jendela Kerja Microsoft Excel


     a.      Tombol Office (Office Button) 
    Tombol office pada Microsoft Excel 2007 merupakan pengganti menu File yang kita jumpai pada Microsoft Excel versi sebelumnya. Tombol office berisi perintah-perintah standar untuk mengoperasikan file dokumen, seperti membuka, menyimpan, menutup, mencetak dokumen.
    b.     Baris Tab (Tabs)
    Tab merupakan bagian yang berbentuk tabulasi dan berisi sederetan tombol-tombol perintah untuk mengoperasikan Microsoft Excel.
    c.       Group
    Group terletak di bawah tab dan berisi sederetan tombol-tombol perintah dalam Microsoft Excel untuk menjalankan suatu proses tertentu dengan cara mengklik tombol-tombol perintah tersebut.
    d.     Quick Access Toolbar
    Tombol-tombol dalam toolbar ini memiliki keistimewaan khusus, yang terletak di bagian sudut kiri atas lembar kerja. Tombol-tombol perintah Quick Access Toolbar dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan, terutama beberapa tombol perintah yang sering digunakan.
    e.      Title Bar  
    Berisi teks Microsoft Excel atau nama workbook yang aktif.
    f.       Minimize Button
    Tombol Minimize untuk mengubah bentuk window aktif menjadi sebuah ikon atau meminimalkan ukuran jendela lembar kerja Microsoft Excel.
    g.      Maximize Button
    Tombol Maximize untuk memaksimalkan ukuran jendela lembar kerja Microsoft Excel.
    h.     Restore Button
    Tombol Restore untuk mengembalikan besar layar pada kondisi terakhir yang sudah pernah ada sebelumnya.
    i.        Close
    Tombol Close untuk menutup dokumen atau keluar dari Microsoft Excel.
    j.        Tombol Dialog (Dialog Box Launcher)
    Tombol dengan simbol anak panah yang terletak di bagian kanan nama group. Tombol ini berfungsi untuk membuka kotak dialog dengan perintah-perintah yang lebih lengkap dan kompleks.
    k.     Tabulasi Sheet
    Tabulasi sheet merupakan lembar kerja utama dari Microsoft Excel yang berfungsi untuk menampung seluruh data dan formula yang digunakan sebagai sumber data pembentuk tabel atau laporan.
    l.        Navigasi Sheet
    Navigasi sheet merupakan sederetan tombol perintah yang berfungsi untuk pindah antar sheet yang aktif.
    m.   Tombol Pengatur Tampilan Lembar Kerja
    Tombol-tombol perintah ini berfungsi untuk mengatur tampilan dokumen dalam lembar kerja.
    n.     Zoom Level
    Zoom level ini berfungsi untuk mengatur ukuran tampilan dokumen dalam lembar kerja.
    o.      Nama Box
    Kotak yang berisi referensi sel yang aktif.
    p.     Formula Bar (Baris Rumus)
    Baris yang memuat isi sel yang sedang aktif.
    q.     Pointer (Active Cell)
    Sel merupakan bagian terkecil dari workbook yang dapat diisi dengan data (bisa berupa angka, teks, atau rumus). Sel yang aktif mempunyai border yang lebih tebal dari sel-sel yang lain.  
    r.       Baris Penggulung Tegak (Vertikal Scrool Bar)
    Baris penggulung tegak berfungsi untuk menggeser layar ke atas atau ke bawah
    s.       Baris Penggulung Mendatar (Horizontal Scroll Bar)
    Baris penggulung mendatar berfungsi untuk menggeser layar ke kanan atau ke kiri.
    t.        Insert Woorkshet
    Insert woorksheet berfungsi untuk menambah atau menyisip worksheet (lembar kerja) baru.
    u.     Workbook
    Woorkbook dalam Microsoft Excel adalah file/ dokumen yang terdiri dari lembaran-lembaran (sheet). Setiap woorkbook terdiri dari 1 sampai dengan 255 sheet.
    v.      Woorksheet
    Woorksheet, terdiri dari 256 kolom yang diwakili dengan huruf (A,B,C,...,AA,...IV) dan 65.536 baris yang diwakili oleh angka (1,2,3,......,65.536).
    w.    Column
    Column dalam Microsoft Excel dinotasikan dengan menggunakan huruf A sampai dengan IV. Lebar kolom dapat diatur dengan batas maksimal 255.
    x.      Rows
    Judul baris dinotasikan dengan 1 sampai dengan 65.536 dan dapat diatur ketinggiannya dengan batas maksimal 409.
    y.      Cells
    Pertemuan antara baris dan kolom.
    z.      Range
    Merupakan kumpulan sel
    Bekerja dengan Woorksheet (Sheet) 
    1.      Memberi nama Sheet
     Klik kanan pada Sheet - Pilih Rename -            Beri nama Sheet
    2.      Membuat Sheet baru
    Klik kanan pada Sheet – Pilih  Insert – pada kotak dialog insert , double klik icon worksheetnya
    3.   Menghapus Sheet
    Klik kanan pada Sheet yang ingin kita hapus –Pilih Delete
    Mengedit Isi Sel
    Mengubah Ukuran Kertas, Margin, dan Orientasi Halaman
    Membuat Border
    Blok areal yang ingin kita beri garis – Klik kotak dialog pada group Alignment – Setelah muncul kotak dialog Format cells klik border – pilih style garis dan warna garis – Klik ditempat yang ingin kita beri garis - klik OK
                             Format Cells                                                                        Alignment
    Menggunakan Fill Handle
    Pada MS Excel ada fasilitas fill hadle yang berfungsi untuk mengkopi data atau untuk mengurutkan data terkecil sampai terbesar (Sort Ascending) dan mengurutkan data terbesar sampai terkecil (Sort Descending).



    Tulis dua angka, geser kebawah sampai angka yang ingin ditulis

    Mengubah Lebar Kolom dan Baris
    Format Angka
    Pada kotak dialog Format Cells, kita bisa mengubah format angka sesuai dengan keinginan kita dengan mengklik tombol number, kemudian ubah format angka sesuai dengan keinginan kita.

    Format Alignment
    Text Alignment/ perataan teks
    1.   Horizontal: untuk mengatur perataan     teks secara horisontal
    2. Vertikal: untuk mengatur perataan teks secara vertikal
    Orientation: untuk memutar teks kearah yang diinginkan
    Text Control
    1.      Wrap text : memotong teks bila kolom tidak cukup
    2.      Shrink to fit: memaksakan teks dalam kolom dengan mengecilkan huruf
    3.      Merge cells: menggabungkan sel

    Menerapkan operasi matematika pada microsoft excel
    Dalam penulisan rumus atau formula selalui didahului dengan tanda (=)
    Simbol
    Nama Operasi
    Kegunaan

      +
    Plus
    Pertambahan / Penjumlahan

    -
    Minus
    Pengurangan

    *
    Asteris
    Perkalian

    /
    Slash
    Pembagian

    ^
    Caping
    Perpangkatan

    Tingkatan Operasi Matematika
    1.        Angka dalam kurung       : ( )
    2.        Pangkat                           : ^
    3.        Perkalian                         : *
    4.        Pembagian                       : /
    5.        Pertambahan                   : +
    6.     Pengurangan                   : -
    Ada 3 cara penulisan rumus/ formula, yaitu:
    1.       Menggunakan angka tetap yang akan dioperasiakan. Contoh: =153+58
    2.       Menggunakan alamat cells. Contoh: =B5+C5
    3.       Menggunakan mouse sebagai penunjuk alamat cells. Contoh: C3*D3
    Fungsi Statistika
    Berikut ini adalah beberapa fungsi statistik yang sering digunakan
    ·   =SUM(range)                      : Menjumlahkan deretan angka dalam range
    ·   =AVERAGE(range)           : Mencari rata-rata dalam range
    ·   =MAX(range)                     : Mencari nilai tertinggi dalam range
    ·   =MIN(range)                      : Mencari nilai terendah dalam range
    ·   =VAR(range)                      : Mencari nilai variance dalam range
    ·   =STDEV(range)                 : Mencari standar deviasi dalam range sample data
    ·   =COUNT(range)    : Mencari jumlah/ banyaknya data angka dalam range
    Menyimpan File/ Folder dengan nama baru
    Klik Office Button - Pilih save As – Tentukan lokasi penyimpanan – Ubah nama file
    Menyimpan File/ Folder yang sudah tersimpan
    Klik Office Button-Pilih save atau klik icon
    Membuka File/ Folder
    1.      Membuka di aplikasi MS Excel 2007
    Klik Office Button – Pilih Open – Cari lokasi penyimpanan – klik file yang ingin dibuka - klik open
    2.      Membuka di Windows Explorer
    Buka Windows Explorer – double klik drive penyimpanan file yang ingin kita buka – double klik file yang ingin kita buka
    Melihat tampilan hasil kerja sebelum dicetak
    Klik Office Button – Pilih Print – Pilih Print Priview
    Mencetak hasil kerja
    Klik Office Button – Pilih Print – Pilih Print
  • 0 komentar:

    Posting Komentar